Anda ingin tahu cara mendapatkan pekerjaan/Ingin membuat surat bisnis, ada juga cara menghadapi stres kunjungi di

Tuesday 13 March 2012

Cara Menghadapi Wawancara




Dalam melamar pekerjaan diharapkan pelamar tahu untuk posisi yang dilamar dan tau untuk perusahaan apa nanti di tempatkan. informasi ini akan sangat membantu pada saat anda di wawancarai oleh perusahaan. Setelah kemarin kita berikan bagaimana menulis surat lamaran pekerjaan dengan segala bahasanya, kini kami postingkan cara menghadapi wawancara. Wawancara akan sangat menentukan seseorang  untuk dapat diterima oleh suatu perusahaan. Mengapa perusahaan melakukan tes interview? Jelas perusahaan melakukan tes interview tujuannya adalah menggali informasi lain yang tidak disebutkan dalam lamaran dan juga CV atau Daftar Riwayat Hidup pelamar pekerjaan. APA YANG PERLU DIPERHATIKAN SAAT WAWANCARA KERJA?








Penampilan setiap individu merupakan faktor yang sangat penting dalam bekerja. Apalagi saat wawancara.  Impresi awal yang anda berikan sangat menentukan. Banyak hal yang perlu diperhatikan atau dihindari. 


  1. Untuk menghindari hal-hal yang tidak terduga, cobalah untuk datang sepuluh menit sebelum jadwal wawancara. Hal ini juga berguna untuk menguasai situasi dan menghindari acara grogi.
  2. Cobalah untuk rileks.Hindari begadang malam sebelumnya agar anda tampil bugar.Sehari sebelumnya,siapkan pakaian dan perlengkapan yang perlu dibawa, supaya tidak panik saat hendak berangkat.
  3. Berpakaian dengan rapi, bersih, jangan berkeringat.Pilih pakaian yang nyaman dikenakan (tapi bukan jeans plus T-shirt).
  4. Jangan hindari kontak mata. Usahakan untuk menatap lawan bicara anda saat wawancara.
  5. Bersikap percaya diri.
  6. Jawab pertanyaan dengan tenang, hindari memotong kalimat si penanya atau memaksakan sesuatu.Jawab pertanyaan yang ditanyakan.Jangan buat jawaban anda melebar ke hal-hal yang tidak perlu.
  7. Jangan bersikap menggurui atau sok tahu.Tapi jangan juga mengesankan anda tidak tahu apa-apa.
  8. Gunakan bahasa “saya” untuk membahasakan diri sendiri.Jangan menggunakan “aku” atau nama sendiri.”Aku” berkesan angkuh, sedang menggunakan nama sendiri memberi kesan kekanak-kanakan.
  9. Hindari bahasa populer atau bahasa gaul.pergunakan bahasa dengan baik dan benar.Sebaiknya hindari penggunaan istilah-istilah asing terlalu banyak( kecuali jika diminta atau diperlukan daam pekerjaan yang anda lamar)
  10. Jangan kelihatan sibuk sendiri, seperti menggoyang-goyangkan kaki, atau menggerak-gerakkan pulpen.Bila demikian, anda akan terlihat tidak dapat menguasai diri.
  11. Jangan masukkan tangan anda dalam saku baju atau celana, tapi letakkan diatas pangkuan anda
  12. Jangan plin-plan dalam memberikan opini atau jawaban
  13. Persiapkan diri untuk pertanyaan yang ‘aneh” seperti:Apa yang membuat anda marah?Atau diminta menceritakan satu lelucon.Seringkali jawaban anda daapt dinilai secara psikologis oleh penanya.
  14. Berani menolak bila ada hal-hal yang tidak berkenan bagi anda
Berdoa dan berusaha untuk bisa meyakinkan orang yang mewawancarai anda. Berikan jawaban yang membuat orang yang mewawancarai anda senang . Good Luck!

Keyword Search: 


0 comments:

Post a Comment

 
Design by Automotive | Bloggerized by Free Blogger Templates | Hot Deal